Rabu, 17 Januari 2018

Friedrich Silaban Arsitek Otodidak Yang Berpengaruh Besar Bagi Bangunan Modern Di Indonesia

Jasa Arsitek - Hidup Friedrich Silaban bisa dibilang sangat cemerlang dan gemilang. Beliau lahir di Bonandolok, Sumatera Utara, pada tahun 1912. Beliau sekolah di HIS Narumonda, Tapanuli, Sumatera Utara, dan Kongin Wilhelmina Scholl suatu sekolah teknik yang berada di Jakarta.
Namun, penganut agama Kristen Protestan dan belia hanya seorang pendeta miskon telah melaharikan berbagai bangunan modern pada masanya sampai sekarang ini menjadi bangunan yang paling bersejarah.

Salah satu bangunan yang beliau buat yaitu Masjid Istiqlal, Jakarya yang diresmi digunakan tepat 38 tahun lalu, bangunan itu sekaligus menjadi simbol toleransi antar umat di Indonesia.
Beliau merupakan arsitek otodidak yang sangat berpengaruh bagi bangunan-bangunan modern di Indonesia. Bukan hanya Masjid Istiqlal saja yang telah dibangun olehnya, dapat kita lihat bangunan yang sekarang ini masih berdiri tegak dan kokoh, yaitu MONAS (Monumen Nasional), GBK (Gelora Bung Karno), Bank Indonesia, Gedung BNI, Gedung Pola, dan masih banyak lagi.

Menurut saya, beliau adalah guru saya untuk belajar lebih agar bisa membangun bangunan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar